• LEARNING Resource ID
  • LR-00110102
  • COMPETENCY
  • Marketing Funnel
  • READING TIME
  • ± 6 mins

Chapter 1 menjelaskan perbedaan antara branding, marketing, dan sales. Secara garis besar, berikut adalah perbedaan antara ketiga hal ini:

  1. Branding berbicara tentang siapa Anda. Marketing berbicara tentang produk/layanan Anda. Sedangkan sales berbicara tentang penawaran Anda.
  2. Branding adalah inti dari strategi marketing. Sedangkan sales hanyalah salah satu bagian dari marketing.
  3. Periode dari sebuah sales adalah satu transaksi. Periode dari sebuah strategi marketing adalah sepanjang hidup dari produk/layanan tersebut. Sedangkan periode dari sebuah brand adalah selamanya.
  4. Branding adalah apa yang diasosiasikan dengan bisnis Anda. Branding menggambarkan keunikan, dan menjadi standar kualitas/layanan. Branding adalah yang akan dibayangkan pelanggan, serta yang membuat pelanggan kembali kepada Anda.

Branding

Di dalam kasus ACE Hardware Indonesia, branding mereka terkenal sebagai one-stop solution untuk segala kebutuhan home improvement, selain furniture, yang dapat dilakukan secara mandiri oleh penghuni rumah atau apartemen. Istilah kerennya, DIY home improvement.

Semakin hari, Anda dapat melihat bagaimana ACE Hardware terus memperkuat brand positioning mereka dengan berbagai kemudahan berbelanja, seperti:

  • Lokasi yang kebanyakan berada di dalam shopping mall
  • Sistem belanja yang nyaman ala hyper market
  • Pilihan produk berkualitas yang sangat beragam
  • Staf teknis yang sangat kompeten dalam menjawab berbagai pertanyaan
  • Sistem keanggotaan (membership) yang mendorong pelanggan untuk lebih sering berbelanja di ACE Hardware

Meskipun saat ini ACE Hardware tidak memiliki kompetitor yang cukup berarti untuk wilayah kota-kota besar di Indonesia, namun mereka tidak ingin lengah. Dengan memperkuat brand positioning mereka ini, akan semakin sulit entry barrier bagi kompetitor baru yang ingin masuk ke pasar ini.

Bahkan, jika Anda perhatikan dengan baik, ACE Hardware mulai masuk ke industri travel, dengan menawarkan berbagai solusi bagi Anda yang sering traveling.

Marketing

Untuk mendukung brand purpose dan brand positioning ini, ACE Hardware lebih fokus pada produk yang mudah untuk digunakan. Jika kegiatan home improvement akan dilakukan sendiri oleh penghuni rumah atau apartment, maka konsep DIY ini harus didukung dengan produk yang easy-to-use. Semua ini didasari oleh pemahaman yang baik dari ACE Hardware terhadap perilaku dan prioritas pelanggan mereka.

“Don’t find customers for your products; find products for your customers.” – Seth Godin

Sebagai sebuah toko ritel yang berbentuk fisik, ACE Hardware tidak takut kepada tsunami perubahan online shopping yang melanda banyak industri. Justru sebaliknya, mereka telah siap dengan solusi mobile app dan website yang dikelola oleh perusahaan lain yang masih dalam pengelolaan grup yang sama.

Dan, agar dapat menawarkan solusi alternatif dengan harga yang lebih terjangkau, ACE Hardware melakukan white-labeling terhadap produk-produk yang cukup laris, melalui perusahaan lain yang juga masih dalam pengelolaan grup yang sama.

ACE Hardware juga memiliki akun Instagram, @aceindonesia, yang sering memberikan konten-konten yang bersifat edukasi, seperti how-to videos, di antara berbagai promosi penjualan yang mereka lakukan.

“Perusahaan properti yang menawarkan layanan city management memiliki keunikan, di mana kami harus memberikan produk dan layanan yang terbaik, sebab pelanggan kami akan tinggal bersama-sama kami.” – Antonius Tanan, Senior Director Ciputra Group

ACE Hardware ingin menjalin hubungan jangka panjang dengan para pelanggan mereka. Untuk itu, mereka menawarkan program keanggotaan, yang semakin hari terus mereka perluas benefits-nya.

Sales

Bagian terakhir yang mungkin lebih sering dan lebih mudah untuk diamati adalah trik penjualan mereka. Promosi penjualan yang dilakukan oleh ACE Hardware sangatlah beragam. Berikut adalah beberapa di antaranya:

  • Reward points untuk setiap transaksi yang menggunakan kartu anggota
  • Diskon khusus bagi pemilik kartu anggota
  • Promosi mingguan yang selalu melibatkan produk yang berbeda
  • Promosi khusus dan berjangka untuk produk baru atau spesial
  • Undian berhadiah bagi setiap transaksi dengan nominal tertentu
  • Pilihan untuk membayar secara cicilan
  • Pilihan untuk cashback 10% jika melakukan pembayaran melalui OVO
  • Pilihan untuk jasa kiriman ke rumah secara gratis

Selain itu, ACE Hardware juga menawarkan berbagai keuntungan purna jual, seperti:

  • Jasa instalasi gratis
  • Kebijakan retur sampai 14 hari untuk produk tertentu
  • Price Guarantee, di mana ACE Hardware akan membayar selisih harga jika Anda dapat menemukan produk yang sama dengan harga yang lebih murah di tempat lain

What’s Next?

Melalui studi kasus ini, Anda dapat memahami perbedaan antara branding, marketing, dan sales. Sebagai seorang entrepreneur, Anda harus memahami ketiganya dengan baik. Pemahaman ini akan membantu Anda saat merancang strategi yang tepat bagi bisnis Anda.

Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk merancang strategi bisnis Anda:

  1. Menentukan segmen pasar Anda, karena Anda tidak mungkin dapat memuaskan segala eleman pasar.
  2. Menentukan brand purpose Anda (what for whom) — apakah/siapakah Anda bagi pelanggan Anda.
  3. Menentukan brand positioning Anda (whom you’re for, and whom you’re not for). Ini dapat membantu Anda merancang produk yang sesuai dengan segmen pasar Anda. Brand positioning juga memudahkan segmen pasar Anda untuk memilih Anda, dan bukan kompetitor.
  4. Mengenali kebutuhan pelanggan Anda dengan baik. Bahkan, Anda harus terbuka terhadap kemungkinan munculnya produk/layanan baru.
  5. Memahami perjalanan pelanggan mulai dari mengenal sampai membeli.
  6. Merancang marketing funnel untuk memudahkan proses konversi dari publik menjadi pelanggan.
  7. Memahami apa yang membuat pelanggan mau melakukan transaksi ulang.
  8. Memahami apa yang membuat pelanggan mau merekomendasikan produk/layanan Anda kepada rekan/kerabat.

Lakukan setiap hal ini, sambil terus memiliki semangat untuk belajar dan memperbaiki diri.

“Customer adalah sumber inspirasi, informasi, dan inovasi.” – Ciputra

 

Klik checkmark jika Anda sudah selesai membaca

[progressally_objectives]

Selamat! Anda telah menyelesaikan chapter ini, silahkan klik link ini untuk kembali ke Table of Content dan melanjutkan pembelajaran Anda.

reading progress